QLC Bagian 2: Terbit #5CC12

#5CC #5CC12 #CareerClassQLC #bentangpustaka

[Cerita Bersambung] 

Quarter Life Crisis, 
Bagian 2: Terbit

Oleh: Hilma Humairah

Matahari bersinar sangat terik, tepat berada di atas kepala. Rania terlihat sedang duduk di dahan pohon mangga. Sudah 1 jam ia di sana, bertelepon dengan seseorang. Sinyal di daerah tempat tinggalnya memang kurang bagus, ia mesti menemukan tempat-tempat tertentu untuk mendapatkan sinyal, termasuk di atas pohon mangga yang telah ia panjat dengan sukarela saat ini. 

"Fik.. Fika.. kok Lu diem aja. Respon kek gitu. Udah sejam lebih lho gue ngereog. Tanggepin dong." ujar Rania

"Ya kan ini gue lagi mikir. Kayaknya yang Lu butuhin sekarang bukan nasihat, Ran. Tapi duit. Butuh berapa? Gue transfer sekarang ke rekening Lu. Pergi yang jauh dari sana. Merantau kek kemana. Biar Lu terbit, kagak tenggelam terus-terusan." Fika berucap santai

"Beuh beda ya anak orang kaya mah. Apa-apa selesainya pake duit." ucap Rania, sinis

"Dengerin gue, Rania. Sekarang Giliran gue yang ngomong. Lu itu ngilang dari gue dan gak ada kabar udah lama, 4 tahun, Ran. 4 tahun. Di satu sisi, gue lega banget dapat kabar dari Lu. Meskipun di sisi lain, gue sedih, kabar yang gue dapat dari Lu adalah bad news."

Rania terdiam.

Fika melanjutkan, "Ran, Lu itu cerdas. Buktinya selama Lu kuliah, Lu sering dapat nilai A, lulus dengan predikat cumlaude. Padahal jurusan yang Lu pilih, bukan jurusan yang bener-bener Lu mau. Kalau emang bukan duit yang Lu butuhin sekarang, gue kasih 3 nasihat deh buat Lu, biar warasan dikit."

"Oke, apa tuh?" tanya Rania penasaran

"Satu, Lu jangan memusingkan lagi hal-hal yang jelas udah terjadi. Karena gak bisa dirubah, gak bisa kembali. Menyesali bukanlah solusi. Terus soal bokap Lu, itu juga udah gak bisa diapa-apain lagi. Selain gak bisa ngerubah masa lalu, Lu juga gak akan pernah bisa ngerubah orang kecuali dia sendiri yang mau berubah. Jadi, Lu fokus sama diri Lu sendiri aja untuk sekarang."

"Oke, yang kedua?"

"Kedua, jangan mengiyakan saran dari semua orang. Keluarga, tetangga, saudara, mereka bebas berkomentar apapun soal diri Lu. Tapi ingat, Ran, Lu yang jalanin peran dalam hidup Lu. Karena itu harusnya Lu yang lebih ngertiin diri Lu sendiri, tentang mau Lu apa, mau Lu gimana, bukan orang lain. Jangan biarkan orang lain yang ambil alih alur cerita hidup Lu. Jangan mau disetir orang lain."

Tanpa menunggu Rania berkomentar, Fika melanjutkan, "Ketiga, Lu harus berani ambil keputusan sekarang. Keputusan besar buat hidup Lu sendiri. Sebelum semuanya makin berantakan. Lu udah terlalu lama tenggelam dalam lumpur, ngerasa gak bisa kemana-mana, ngerasa gak bisa apa-apa, ngerasa gak berharga, ngerasa kehilangan makna. Padahal potensi Lu banyak. Lu berhak bahagia, Rania. Terbitlah jadi diri Lu dengan versi yang lebih shining daripada Rania yang sekarang."

Tak terasa airmata Rania terjatuh. Semua yang dikatakan sahabatnya itu benar. Tidak salah memang ia menceritakan permasalahannya kepada Fika, sahabat yang sudah setia menemaninya sejak pertama kali duduk di bangku kuliah, 8 tahun lalu. 

"Aduh, Lu jangan mewek dong. Bangkit, Rania. Bilang ke gue, Lu butuh berapa sekarang. Tapi pakai duit gue buat hal-hal berguna ya. Terutama buat Lu pergi merantau, jauh-jauh dulu deh dari keluarga Lu sekarang. Nanti Lu pulang, balik lagi, kalau Lu udah jadi orang, udah punya power, udah punya kebanggaan dan kebijaksanaan buat bisa berbaur lagi sama keluarga Lu dan bahagiain mereka."

"Makasih banyak, Fik. Gue speechless, gak tahu harus bilang apa. Selain Lu ngertiin gue, Lu bantu gue banyak banget, dari semua aspek, mental, finansial. Ya, Allah, Fik. Maaf untuk sekarang gue baru bisa bales Lu pake ucapan makasih aja. Gue janji bakal balikin duit Lu secepatnya. Bantu doa juga ya, Fik"

"Iya sama-sama. Lu tahu aja kalau gue kasih duit gak cuma-cuma. Kalau nanti Lu sukses jadi orang kaya, Lu traktir gue jalan-jalan keliling Eropa ya pokoknya. Jangan lupa sebelum pergi ijin dulu sama bokap nyokap."

"Males pamit, males ijin. Nanti jadi tambah ribet. Pengen langsung kabur aja." ketus Rania

"Eh, jangan dong, gila. Biar ikhtiar Lu berkah dan jauh dari marabahaya, Lu perlu dapat restu dari mereka. Pamit baik-baik. Husnudzon aja dulu, pasti diijinin kok, insya Allah." ucap Fika

"Iya deh iya. Makasih ya, Fik". jawab Rania

Setelah beberapa menit kemudian, sambungan telepon pun terputus. 

Rania kini sudah membulatkan tekadnya. Ia ingin pergi merantau. Mengadu nasib di kota besar. Mengejar impiannya, mengejar cita-citanya. Fika benar, sudah waktunya ia terbit, jangan hanya berdiam diri lalu mati tenggelam tanpa arti. 

Ia tidak tahu bagaimana nanti nasibnya di kota besar. Ia memutuskan untuk tidak terlalu memikirkannya dulu. Sekarang yang ia pikirkan, bagaimana cara bilang ke Bapak dan Ibu agar ia diijinkan untuk pergi jauh merantau.

Bersambung..

Komentar