MONEY THERAPY

HARUS BANGET KAYA RAYA???

Bikin tulisan ini atas request dari temen yang lagi mumet banget soal keuangan.

Oh, si Hilma mau ngasih tips jadi kaya raya, banyak duit donk nih?
Haha.. nggak!! Gimana mau ngasih tips jd kaya, wong saya bukan orang kaya.

Cuma mau berbagi sedikit aja pengalaman. Pengalaman jadi kaya? Haha bukan juga. Berbagi sedikit aja soal pengalaman, bagaimana tercukupi semua kebutuhan tanpa harus bermumet2 ria & tanpa harus begitu frustasinya mengejar dunia. 😂

Si Hilma di waktu umur 20an udah berambisi banget jd pengusaha sukses. Punya aset banyak, biar masa tua tinggal menikmati aja. Lalu ada masa dimana si Hilma yang beranjak dewasa.. mm.. oke deh ralat, ada masa dimana Si Hilma yang beranjak tua, mulai menyadari satu hal. Kita sebenernya ga perlu jadi kaya raya dulu supaya semua kebutuhan dan keinginan kita terpenuhi.

Loh?? kok gitu??

Terkadang kita salah kaprah, selalu fokus ke uangnya dulu dan fokus ke nominal. Uang, uang, uang, sejuta, 10 juta, 100 juta, 1 milyar. Bukan fokus ke apa yang sbenarnya kita butuhkan, kita inginkan.

Saya akan beritahu sebuah Rahasia. Kenyataannya, keinginan/kebutuhan kita bisa saja terpenuhi tanpa kita pakai uang kita sendiri. Maksudnya? Hmm.. gini, pernah ga kamu ngalamin ini, ketika kamu ingin sesuatu, lalu tetiba sesuatu itu ada, bisa kamu nikmati, tanpa kamu keluar uang sepeserpun? Pasti pernah kan!? Saya pernah, sering malah. Misal, saya pengen makan duren, eh tau2 ada yg ngasih duren, gratis pemirsah.  Disitulah kita akan merasa, ih Allah tau aja.. Baik banget lah.

Nah begitu pun dalam kehidupan kita yang lebih luas dan kompleks. Kenyataannya, Allah ga pernah tega bikin kita jadi terlantar. Terus apa masalahnya kenapa kok ada orang udah mati2an kerja pergi pagi pulang pagi kok kebutuhan belum tercukupi juga? kok malah numpuk hutang? kok malah jadi terjerat riba. Kok gini kok gitu dan sebagainya.

Dengan kerendahan hati dan tidak bermaksud merendahkan siapapun, saya ingin bilang, ketika itu terjadi, coba diingat kembali, selama ini punya dosa apa? zholim ke siapa? Lidah yg selalu berghibah kah? Tutur kata yg kasar kepada orangtua kah? Fitnah, adu domba? atau mungkin ada harta/hak orang lain yang belum kita serahkan, malah kita embat?

Apaan sih nih kok bahas2 dosa? gini pemirsah, dosa itu bisa menghambat datangnya rejeki kepada kita. Ibarat keran air yang harusnya lancar, kotoran yg menumpuk di pipa malah bikin alirannya jadi tersumbat. Alhasil, bukan salah keran nya, bukan salah airnya, tapi itu si kotoran yang nyumbat kudu dibersihin dulu. Biar bisa lancar mengalir.

Itu pula yang saya lakukan ketika bisnis saya berantakan (ciee bisnis, nggak sih, lebih tepatnya dagang hehe). Saya rungsing dan uring2an, kenapa ini teh jadi begini jadi begitu, belum bayar ini belum bayar itu, ah rarieut lah pokona mah.

Saat itu Mama (almarhumah) menasehati saya, "sing tenang heula atuh, De, sok omean heula hatena.. mun hate urangna bersih mah bade kumaha wae oge jiwa urangna bakal tenang, masalah bakal beres".

Hal pertama yang saya lakukan saat itu adalah mengingat dosa2 saya. Saya list satu per satu dosa apa saja yg pernah saya lakukan (itu teh yg masih inget, belum lg dosa yg lupa, nambah banyak kan ya??). Jadi jangan pernah bertanya sama Allah, "apa salah dan dosaku sayang.. eh.. Ya Allah? kenapa kau timpakan cobaan ini bertubi??".. Mungkin saat itu Allah akan menjawab "naha ai maneh jiga nu teu boga dosa wae siah teh, jelema??" 😂✌

2. Setelah bikin list dosa. Saya upayakan bertaubat (sungguh2 pisan). Biasanya sebelum tahajud, saya lakukan 2 rokaat dulu solat taubat. Intinya mah nangis2 bombay minta ampunan Allah. Bukan airmata buaya, beneran nangis karena takut hukuman Allah. Ini gegara dosa, baru di dunia aja bikin mumetnya bukan main, gimana di akhirat, cuy?

3. Saya bikin daftar orang2 yg harus saya maafkan dan yang harus saya datangi untuk minta maaf. Serius, Hil?? iya serius. Kecuali sama orang yg jauh tempatnya atau sama orang yang saya masih "awkward" kalo ketemu. Sama yang gitu mah paling minta maap dan memaafkan lewat doa aja. Oh eta teh sama mantan ya Hil? enya kumaha didinya welah 😂

Inilah langkah awal perubahan lahir dan batin.. 😇 masih mau lanjut ke step berikutnya?

4. Beres2 kamar, lemari, gudang, terus keluarin semua barang2 yg udah gak terpakai. Kasihin atau ya jual aja kalo emang lagi butuh duit mah hehe. Pokonya saat itu kamar saya jadi lega, gudang bersih, baju2 kekuras setengahnya. Buang juga barang yang jadi sampah memori.. Lah? iya sampah memori, misal surat atau kado dari mantan 😂

5. Aware dengan semua petunjuk yang ada. Maksudnya? gini, ketika beberes, mungkin kita menemukan barang atau tulisan atau apapun itu yang jadi petunjuk bahwa kita punya passion (gairah) di bidang itu. Misal, saya nemuin foto2 pemandangan hasil jepretan saya sendiri, yang pernah ikut lomba dalam satu ajang tertentu. Atau saya nemuin tulisan2 saya yang menarik untuk dibaca. Perhatikan segala barang/benda di sekitar, mungkin itu petunjuk dr Allah, bahwa kita emang punya passion disitu yang bisa aja kan dari passion malah jadi sumber penghasilan kita?

Ada satu lagi rahasia..

6. Menerima konsekuensi doa. Kalo kita udah nemuin passion kita apa, apa tujuan akhir kita, dan apa aja yang kita butuhkan hingga tujuan akhir kita itu tercapai. Jangan lupa ada satu hal yang harus kita jalanin. Yaitu kita harus siap nerima konsekuensi dari semua doa yg kita panjatkan sama Allah. Enjoy..  nikmati prosesnya. Pengen jadi pengusaha sukses? penulis terkenal? dokter ahli? presiden? Berproseslah.. jangan gampang nyerah.. percaya, menjalani semua itu dengan sabar, syukur, dan istiqomah akan menuntun kita sampai di tujuan. Ga mesti jadi kaya raya, jangan fokus ke uangnya, fokuslah ke tujuan,  karena yang kita perlukan sebenarnya bukan uang tapi  "TERCUKUPI SEMUA KEBUTUHAN LAHIR & BATIN, JIWA & RAGA". Dan itu semua, ga mesti pake uang yang kudu banget berasal dari kita kan??   Bismillah. Bagi orang beriman mah selalu ada rejeki dari arah yang tak disangka2 😇💙

Semua tips barusan sebenarnya saya mendapatkan dari buku nya Teh Irma Rahayu yang berjudul Money Therapy. Di buku itu tidak terlalu rumit menjelaskan bagaimana cara menjadi kaya. Tetapi bagaimana kita bisa bahagia dengan penuh keberkahan, karena kita mencari nafkah sesuai dengan fitrah dan passion kita masing2.

Saya sangat berterima kasih kepada Beliau karena buku ini menjadi salah satu jalan bagi saya untuk melakukan perubahan. Semoga suatu saat nanti saya bisa bertemu dengan Teh Irma Rahayu 😊

-Hilma Humairah-

Komentar