MOVE ON DARI MANTAN

By Hilma Humairah

Jadi keingetan pas kumpul2 sama sohib lama..
Ceritanya saat itu rame2 berlima lagi bahas gimana caranya move on dari mantan haha..
Saya waktu itu speechless, da ga punya mantan.. Ga pernah pacaran dan ga ada juga yang mau pacaran sama saya. Yah paling juga gagal nikah krn proses taaruf yg gagal.. Tapi ga butuh waktu yg lama untuk move on, hanya meyakini bahwa segala sesuatu yg terjadi pasti yg terbaik dr sisi Allah..
Namun ada satu nasehat dr salah seorang sohib saya itu, yg sama sekali ga kepikiran sama saya..
Dia bilang..
"Ketika kamu dihantui oleh bayangan mantan, artinya jiwa kamu tengah terkotori oleh dosa. Bersihkan jiwa dengan jalan taubat. Dosa dan kesalahan di masa lalu tidak untuk dikenang dan diabadikan, namun untuk dibersihkan dan dikuburkan dengan taubat. Hubungan yang pernah dijalin dengan mantan di masa lalu yang tidak dalam ikatan pernikahan, tentu menjadi sebuah endapan dosa yang mengotori jiwa. Ini harus dibersihkan dengan jalan pertaubatan yang benar.
Bukan hanya soal dosa di masa lalu bersama mantan, seseorang yang sudah berumah tangga masih terus mengingat mantan dengan penuh kegembiraan, ini pun sebentuk dosa baru di masa sekarang. Maka mohon ampunan kepada Allah, dan perbarui taubat itu setiap hari. Sampai bersih, tidak ada lagi kenangan dan ingatan bersama mantan. Jika ingatan bersama mantan masih selalu hadir, ini menandakan proses pertaubatan belum selesai. Jika taubatnya benar, semua kenangan masa lalu itu sudah tidak akan muncul lagi. Sudah tidak akan diceritakan lagi kepada siapa pun, apalagi membanggakannya."
Nasehat yang sangat bermakna.. Jazakallohu Khoiron..

Komentar