TAHAPAN PERNIKAHAN

Ternyata pernikahan itu ada tahapannya, saat kita mengetahui ada ditahap mana usia pernikahan kita, ini akan memudahkan kita mengevaluasi apa yang telah dilakukan dan apa yang harus diperbaiki, diperbaharui dan dibenahi.
Pernikahan yang sehat itu dinamis, tumbuh menuju lebih baik, walaupun bukan berarti tanpa ada konflik dan masalah, namun bagaimana menyelesaikan masalah dan konflik yang terjadi dengan cara lebih baik.
Betapa banyak pernikahan yang terlihat seperti tanpa konflik, padahal sebetulnya pernikahannya justru pernikahan yang 'sakit', karena masing-masing justru sibuk dengan dunianya sendiri.
Berikut adalah tahapan pernikahan yang perlu kita ketahui :

1. Tahap romantic Love
Tahapan ini terjadi pada pasangan yang baru melangsungkan pernikahan, masing-masing sedang merasakan indahnya cinta, masing-masing sedang merasakan cinta yang begitu bergelora, begitu menggebu-begu, rasanya kemana-mana mau berdua saja, kalau bisamah seluruh isi dunia hanya mereka berdua saja, tiada yang lain.

2. Tahap dissapointment atau distress
Pada tahapan ini mulai terbuka dan terlihat bagaimana kekurangan pasangan kita, mulai terlihat 'aslinya' pasangan kita, sehingga, tidak sedikit dari terbukanya kekurangan itu timbul konflik dan masalah.
Sayangnya, banyak pasangan yang tidak sabar dalam menjalani Tahap ini, mereka memilih untuk berpisah.
Makanya, jangan berlama-lama dalam tahapan ini, perpendeklah, persingkatlah, karena bahkan banyak yang katanya sudah menikah lebih dari 5 atau 10 tahun, tapi ternyata mereka masih saja berjibaku di Tahap kedua ini.

3. Tahap Knowledge and Awareness
Tahapan ini merupakan tahapan setelah terlaluinya tahapan kedua yang 'begitu berat', dalam tahapan ini, masing-masing pasangan mulai merenung akan dirinya masing-masing, mulai berusaha untuk semakin membuka komunikasi yang lebih baik.

4. Tahap Transformation
Tahap ini merupakan tahapan setelah terlewatnya Masa perenungan, tahap ini akan memasuki sebuah pematangan akan hubungan dengan pasangan kita.
Pada tahap ini masing-masing pasangan mulai lagi berusaha membahagiakan pasangannya.

5. Tahap Real Love
Pada tahap ini hubungan keduanya mulai bercorak kesejiwaan, mereka akan merasakan kembali keceriaan, kemesraan, keintiman, kebahagiaan, dan kebersamaan dengan pasangan.
Pada tahapan ini, cinta mereka adalah cinta yang dewasa, cinta yang penuh makna dan penuh dengan kesungguhan jiwa.

Dalam tahapan ini malah istilahnya, kalau suami atau istri mau ngajak makan di luar rumah, tak akan pernah lagi bertanya, mau makan dimana atau makan apa, bagaikan seorang sahat yang mengajak sahabatnya, tidak ada Tanya ini atau Tanya itu, tapi hanya kata 'ayo, atau hayu' yang ada (tentu saja koridornya adalah tetap dalam rambu-rambu yang dibenarkan Allah dan Rasulullah)
#Oleh-oleh dari seminar wonderful family bersama Ustadz Cahyadi Takariyawan.
Quote by me
"Kehidupan yang harmonis itu bukan lah kehidupan yang dijalani tanpa konflik dan masalah, namun yang membuat kehidupan itu jadi indah, dinamis, penuh cinta dan kerinduan adalah manakala bisa saling memahami, saling mengerti, saling menjaga, saling menghargai, saling terbuka, mendiskusikan masalah dengan saling mendengarkan dan saling memberi masukkan tanpa harus menggunakan amarah dan kemarahan"

Komentar